Thursday, June 24, 2010

Peralatan Refrigerasi

Operasi Refrigerasi butuh suatu mesin yang disebut dengan refrigerator. Refrigerator merupakan kumpulan serangkaian peralatan, seperti :
  1. Kompressor.
  2. Kondensor.
  3. Akumulator.
  4. Mesin Ekspansi / Katub Ekspansi
  5. Evaporator
A. Kompressor
Komprossor adalah alat yang digunakan untuk mengsihap uap refrigeran dan mengkompresinya sehinnga tekanan uap refrigeran naik sampai ke tekanan yang diperlukan untuk pengembunan (Kondensasi) uap Refrigeran di dalam kondensor. Kompressor ini digerakkan oleh sumber tenaga dari mesin penggerak, seperti :
  1. Motor Listrik.
  2. Motor Bakar.
  3. Diesel.
  4. Mesin Uap.
  5. Turbin Gas.
B. Kondensor.
Kondensor merupakan alat penukar panas yang berguna untuk mendinginkan uap Refrigeran dari kompressor agar dapat mengembun (Kondensasi) menjadi cairan. Pada saat pengembunan ini, refrigeran mengeluarkan sejumlah kalori (Panas pengembunan) yang mana panas ini diterima oleh media pendingin di dalam kondensor.

C. Akumulator.
Merupakan alat yang berguna untuk mengumpulkan cairan refrigeran yang berasal dari kondensor. dengan adanya alat ini akan memudahkan pengaturan stock dari total refrigeran.

D. Mesin Ekspansi Atau Katup Ekspansi.
Mesin atau katup ekspansi ini berfungsi untuk menurunkan tekanan dari cairan refrigeran sebelum masuk ke Evaporator, sehingga akan memudahkan refrigeran menguap di evaporator dan menyerap kalori (Panas) dari media yang didinginkan.

E. Evaporator.
Juga Merupakan alat penukar panas. Refrigeran cair dengan tekanan rendah setelah proses ekspansi, diuapkan dalam alat ini. Untuk penguapan Refrigeran cair ini tentu diperlukan sejumlah Kalori, yang mana diambil dari media yang akan didinginkan oleh sistem refrigerasi. misalnya pada mesin Air Conditioning (AC), media yang didinginkan adalah udara yang didinginkan di dalam ruangan (Kamar). Begitu Pula pada kulkas, media yang didinginkan adalah ruangan dalam kulkas dan segala sesuatu yang ada dalam kulkas. Uap refrigeran yang terbentuk di Evaporator langsung dihisap oleh Kompressor, demikian seterusnya mengulangi langkah pertama tadi sehingga membentuk suatu siklus, ayng disebut Siklus refrigerasi.


Disusun Oleh : Syamsuar (T.Mesin)


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Peralatan Refrigerasi"

Post a Comment