Wednesday, June 23, 2010

Refrigeran Alternatif

Karena pertimbangan lingkungan seperti merusak ozon maka beberapa refrigeran yang tidak ramah lingkungan digan ti dengan jenis refrigeran yang ramah lingkungan. Ozon yang terdapat pada lapisan stratosfer pada ketinggian sekitar 15 - 50 Km diatas permukaan bumi. Ozon tersebut berfungsi melindungi makhluk hidup di bumi dan radiasi ultraviolet yang membahayakan.

Peningkatan Gas-gas yang dibuat oleh manusia antara lain, CFC (Chloro Floura Carbon) dan Halon, mengakibatkan penipisan lapisan ozon yang selanjutnya akan menyebabkan terjadinya kanker kulit, katarak, penurunan sistem daya tahan tubuh manusia, mengurangi hasil panen, mengganggu keseimbangan biota laut dan ekosistem, serta dapat menyebabkan terjadinya efek pemanasan global (Global Warming).

CFC merupakan zat kimia sintetik, dalam bentuk gas yang tidak berbau, tidak beracun, tidak mudah terbakar, dan tidak mudah bereaksi. CFC berperan dalam penipisan lapisan ozon.

Selain itu lapisan ozon sangat mudah dirusak oleh gas-gas chlorine yang dilepas ke atmosfer, baik oleh manusia maupun proses alam. jika gas CFC yang lepas ke atmosfer terkena sinar matahari atau radiasi ultraviolet, susunan kimianya akan terurai atom chlorine akan lepas dan menghancurkan ozon, mengambil satu atom oksigen dan membentuk chlorine monoxide.

Chlorine monoxide akan bereaksi dengan atom oksigen lainnya dan membentuk molekul oksigen dan atom Chlorine. Satu molekul CFC dapat menghancurkan 100.000 molekul Ozon. beberapa senyawa Halon dapat merusak Ozon 10 kali lebih efektif dari CFC.

Beberapa hal teknis pemakaian refrigeran alternatif HFC 134a sebagai pengganti CFC 12.
  1. Sifat-sifat termodinamik refrigeran alternatif (HCFC dan HFC) relatif sama dengan CFC.
  2. Sifat-sifat fisis dan kimia HCFC dan HFC berbeda dengan CFC.
  3. Akibat Subsitusi Chlorine oleh Hydrogen, HCFC dan HFC di atmosfer tidak stabil, life time di atmosfer relatif tidak lama.
  4. Kandungan Chlorine rendah menghasilkan Low Solubility and Low Lubricity. Kenaikan kandungan Hydrogen akan menambah sifat mudah terbakar.
  5. masalaha teknis utama dengan pergantian refrigeran dari CFC 12 ke HFC 134a memerlukan pengembangan zat pelumas baru, karena minyak pelumas konvensional (Mineral Oil) mempunyai sifat solubility terlalu rendah. Telah dikembangkan minyak pelumas baru : Polyakylen glycol oil (PAG) dan Ester Oil.
  6. Karena si fat Water Solubility HFC 134a lebih besar dibandingkan HFC 12, maka pengaruh terjadinya korosi dan dekomposisi perlu diperhitungkan, sehingga bagian dalam mesin refrigeran harus dijaga dalam kondisi kering, perlu pengembangan desiccant baru. (Telah dikembangkan Synthetic Zeolite).
  7. Perlu pemilihan komponen terbuat dari bahan plastik dan karet yang tepat. Masalah sifat korosivitas dan isolasi listrik juga harus dicari penyelesaiannya.
  8. Alat-alat ukur mesin pendingin yang selama operasi tidak tergantung pada sifat-sifat Thermophycical Refrigeran, tidak perlu diganti, Thermostat, Pressostat, Sight Glass.
  9. Komponen dari mesin pendingin yang perlu dirancang ulang :
  • Kondensor
  • Evaporator
  • Solenoid Valve
  • Oil Filter
  • Suction Filter
10. Komponen perlu diganti, dibuat khusus untuk HFC 134a.
  • Kompresor With Special Oil.
  • Tev.
  • Filter Drier.
Gambar Untuk HFC 134a atau nama lainnya R134a


Disusun Oleh : Syamsuar (T.Mesin)

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Refrigeran Alternatif"

Post a Comment