Wednesday, June 23, 2010

Persyaratan Refrigeran

Persyaratan Refrigeran
Persyaratan refrigeran (Zat Pendingin) untuk unit refrigerasi adalah sebagai berikut :
  1. Tekanan penguapannya harus cukup tinggi. Sebaiknya Refrigeran memiliki temperatur penguapan pada tekanan yang lebih tinggi, sehingga dapat dihindari kemungkinan terjadinya vakum pada evaporator, dan turunnya efisiensi volumetrik karena karena naikknya perbandingan kompresi.
  2. Tekanan pengembunan yang tidak terlampau tinggi. apabila tekanan pengembunannya rendah, maka perbandingan kompresinya menjadi lebih rendah sehingga penurunan prestasi kompressor dapat dihindarkan. selain itu, dengan tekanan kerja yang lebih rendah , mesin dapat bekerja lebih aman karena kemungkinan terjadinya kebocoran, kerusakan, ledakan menjadi lenbih kecil.
  3. Kalor laten penguapan harus lebih tinggi. Refrigeran yang memiliki kalor laten penguapan yang tinggi lebih menguntungkan karena untuk kapasitas refrigerasi yang sama, jumlah refrigeran yang bersirkulasi menjadi lebih kecil.
  4. Volume spesifik(terutama dalam fasa gas) yang cukup kecil. Refrigeran dengan Kalor laten penguapan yang besar dan volume spesifik gas yang kecil akan memungkinkan penggunaan kompressor dengan volume torak yang lebih kecil.
  5. Koefisien prestasi harus tinggi. dari segi karakteristik termodinamika dari refrigeran, koefisien prestasi merupakan parameter yang terpenting untuk menekan biaya operasi.
  6. Konduktifitas termal yang tinggi. Konduktifitas termal sangat penting untuk menentukan karakteristik pemindahan kalor.
  7. Viskositas yang rendah dalam fasa cair maupun fasa gas. dengan turunnya tahanan aliran refrigeran dalam pipa, kerugian tekanan akan berkurang.
  8. Konstanta dielektrika dari refrigeran yang kecil, tahanan listrik yang besar, serta tidak menyebabkan korosi pada material isolator listrik (utamanya untuk kompressor hermatik).
  9. Refrigeran hendaknya stabil dan tidak bereaksi dengan material yang dipakai, sehingga tidak menyebabkan korosi pada material isolator listrik (utamanya untuk kompresor hermatik).
  10. Refrigeran tidak boleh beracun dan berbau merangsang.
  11. Refrigeran tidak boleh mudah terbakar dan meledak.
  12. Refrigeran harus mudah dideteksi, jika terjadi kebocoran.
  13. Harganya tidak mahal dan mudah diperoleh.
  14. Ramah lingkungan.
Disusun Oleh : Syamsuar. (T.Mesin)

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Persyaratan Refrigeran"

Post a Comment