Sunday, May 30, 2010

pembuatan program segitiga menggunakan konstruktor di Java Netbeans 6.0

Pertanyaan pertama, apa itu konstruktor??
Konstruktor adalah bagian dari definisi suatu kelas yang berfungsi menciptakan instans dari kelas tersebut. Konstruktor ini bisa kita buat sendiri, atau bila kita tidak mendefinisikannya, maka kompiler Java akan membuatkan konstruktor default untuk kelas tersebut pada saat kompilasi. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa suatu konstrukor tidak termasuk anggota suatu kelas seperti metode dan variabel dan bahwa konstruktor bisa dibuat lebih dari satu. Bentuk konstruktor sendiri mirip dengan sebuah metode. Beda yang paling mencolok adalah nama sebuah konstruktor harus sama dengan nama kelas tersebut dan konstruktor tidak memiliki definisi return type seperti sebuah metode(Method).

Hal pertama yang dilakukan adalah membuat kelas untuk mendefinisakan kelas segitiga.
1. Buka java Netbeans 6.0 atau sejenisnya pilih File - New Project dan akan tampil seperti gambar dibawah ini. pilih "Java" - "Java Aplication" klik Next.

2. Isikan Nama Project "Segitiga" Klik Finish.

3. Lalu Klik kanan pada package segitaga pilih New - Java Class. seperti gambar dibawah
ini.


4. Selanjutnya buat nama Kelas dengan nama "Segitiga" Klik next dan anda tuliskan
program seperti dibawah ini tepat setelah " class Segitiga { "

class Segitiga {

private double alas;
private double tinggi;

// konstruktor sebagai method pengubah nilai Object
public Segitiga () {
setAlas(2);
setTinggi(5);
}
/** method setAlas dan setTinggi sebagai pengubah nilai
* lokasi pemanggilannya dilakukan oleh konstruktor
* dan eksekusinya adalah padda saat objek baru diciptkan
*/

public void setAlas (double a) {
if (a > 0) alas = a;
}

public void setTinggi (double t) {
if (t > 0) tinggi = t;

}

// method Mengambil nilai
public double getAlas() {
return(alas);
}
public double getTinggi() {
return(tinggi);
}

// method menghitung luas Segitiga
public double HitungLuas() {
return(alas * tinggi / 2);
}
}

5. Setelah itu anda compile program anda dengan menekan Bulid - Bulid Main Project
(F11), apabila tidak ada kesalahan dan dinyatakan berhasil, anda tidak perlu untuk
menjalankan (Run) program tersebut, karena program ini hanya merupakan
implementasi class. Yang maksudnya adalah kita baru saja membuat sebuah modul
bernama "Segitiga". Jika anda menjalankan program ini Java akan menampilkan pesan
kesalahan yang menyatakan bahwa fungsi Main( ) tidak ada dalam file.

6. Membuat class kedua. Lakukanlah seperti perintah pada No. 3 dan buat nama class dengan nama "ImplementasiSegitiga" dan tulis program seperti dibawah ini.

class ImplementasiSegitiga {

public static void main(String[] args) {
Segitiga Luas = new Segitiga();
Segitiga A = new Segitiga();
Segitiga T = new Segitiga();
System.out.println("Sebelum Data Diubah / default / awal");
System.out.println("Alas = " + A.getAlas());
System.out.println("Tinggi= " + T.getTinggi());
System.out.println("Luas Segitiga :" + Luas.HitungLuas() );
System.out.println();

// Merubah nilai yang telah ditentukan
A.setAlas(8);
T.setTinggi(10);

System.out.println("Data Setelah nilai Default diganti dengan nilai Baru");
System.out.println("Alas = " + A.getAlas());
System.out.println("Tinggi = " + T.getTinggi());
System.out.println("Luas Segitiga " + A.getAlas() * T.getTinggi() / 2);
System.out.println();
}
}

7. Lakukan Compile file dan apabila tidak berhsil periksa kembali program anda. Dan jika berhasil jalankan program dengan mengklik tomblol Run - Run Main Projecrt (F6). Dan akan mengeluarkan hasil / output seperti gambar dibawah ini.



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "pembuatan program segitiga menggunakan konstruktor di Java Netbeans 6.0"

Post a Comment