Wednesday, April 28, 2010

Pengenalan Bahasa Pemrograman JAVA

1.1 Sejarah Java

Java bermula dari proyek penelitian perusahaan Sun Microsystem dengan nama sandi Green pada tahun 1991. Terdapat prediksi bahwa mikroprosesor akan digunakan luas pada alat-alat elektronik. Karena adanya bermacam tipe mikroprosesor, maka dibutuhkan sebuah bahasa pemrograman yang dapat berjalan disemua microprosesor.

Terciptalah sebuah bahasa pemrograman baru. oleh James Gosling, yaitu salah satu orang yang berperan besar dalam proyek tersebut, program ini pada awalnya diberi nama OAK. Sesuai dengan nama pohon Oak yang timbuh dan bisa dilihat melalui jendela kerjanya di Sun Microsystems.

Selang beberapa waktu kemudian, ditemukan bahwa sudah ada bahasa pemrograman dengan nama OAK. Akhirnya setelah beberapa pegawai Sun mengunjungi sebuah kedai kopi, nama bahasa pemrograman ini diganti dengan JAVA. Java merupakan salah satu jenis biji kopi yang ada di kedai tersebut, yaitu bijikopi jawa.

Sun Microsystem menumumkan kehadiran bahasa Java secara formal ditahun 1995. Bahasa ini mulai disambut hangat masyarakat luas seiring dengan meledaknya era Internet.

1.2 Perkembangan Teknologi Java

Saat ini Sun Microsystem membagi java menjadi empat jenis edisi :
  • Java Card : Teknologi java yang digunakan pada peralatan elekronik yang memiliki memori yang sangat terbatas ,misalanya smart card.
  • -J2ME : Java 2 Platform,Micro Edition .merupakan teknologi Java edisi micro ,digunakan untuk penerapan teknologi java pada peralatan elekronik seperti hanphone dan PDA.
  • J2SE : Java 2 Platform,Standard Edision .merupakan teknologi Java edisi standar ,digunakan untuk penerapan teknologi Java pada komputer destktop.

  • - J2EE : Java 2 Platform ,Enterprise Edition .merupakan teknologi Java edisi Enterprise ,digunakan untuk penerapan teknologi Java pada komputer server.

Setiap edisi Java terdiri atas dua komponen utama berikut :
  • Java Application Programming Interface (Java API) .Java API terdiri atas kumpulan library yang digunakan untuk keperluan pemograman .dengan adanya API ,anda tidak harus membantu program dari awal .misalanya untuk J2SE ,sudah terdapat API untuk pengolahan windows dengan Swing dan AWT (Asbtrack Window Toolkit).
  • Java Run Time Evironment (JRE) .JRE merupakan lingkungan yang membuat aplikasi Java dapat dijalankan .salah satu komponen penting JRE adalah Java Virtual Machine (JVM).
JVM merupakan mesin virtual berupa aplikasi yang digunakan untuk menjalankan kode Java (bytecode) . JVM inilah yang membuat Java menjadi Platform indenpenden.JVM bisa berbeda ,tergantung pada platform yang akan digunakan. misalanya ada JVM untuk PC window dan linux, serta untuk Apple.setiap komputer dan peralatan elektronika dapat menjalankan program Java,asalkan dapat JVM untuk komputer atau peralatan elektronika tersebut.JVM sendiri tidak ditulis dalam bahasa Java namun dengan bahasa lain,yaitu C++.






Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Pengenalan Bahasa Pemrograman JAVA"

Post a Comment